Regcleaner, Pembersih Sampah Registry

Sistem Windows menyimpan aturan-aturan (setting) penting dalam registry. Setiap ada penambahan perangkat lunak, berkas (file), atau direktori (folder), Windows akan mencatatnya dalam registry. Ketika perangkat lunak, file atau folder itu dihapus, catatan dalam registry tidak ikut terhapus. Bayangkan seandainya dalam kurun waktu tertentu ada sekian penambahan dan sekian penghapusan, tentu akan terjadi tumpukan sampah registry yang sebenarnya dapat dihapus dengan aman.Bagi orang awam (seperti aku), bermain-main dengan registry sangat berbahaya. Salah hapus registry yang masih terpakai dapat mengakibatkan sistem kacau. Untuk itulah aku akan memperkenalkan sebuah perangkat lunak yang dapat membantu kita mengatasi persoalan yang aku sebutkan di atas. Inilah dia, program kecil tapi handal dalam membersihkan registry (sebenarnya banyak fungsi lainnya, tapi aku lebih fokus untuk pemakaian fungsi pembersih registry) : RegCleaner. Dan yang paling penting aman bila kita tahu cara memakainya.

Langsung saja pasang (install) program Regcleaner dengan menekan dua kali ikon berkas pemasangnya (jika belum punya berkas pemasang/installernya silahkan klik di sini untuk mengunduh).

Akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini






Cuma butuh ruang kosong di cakram padat (harddisk) sebesar 1040kb (1 mb lebih sedikit) untuk bisa memasang program ini. Tekan tombol Next, dan akan muncul gambar berikut ini.


Tentukan lokasi penyimpanannya. Lebih baik biarkan sesuai aslinya, tekan tombol Next lagi sehingga keluar gambar berikut.



Biarkan proses pemasangan program berjalan sampai selesai. Akan muncul ikon program di desktop begitu proses pemasangan selesai. Kini saatnya kita jalankan program Regcleaner. Klik ganda ikon program sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut.



Yang perlu kita lakukan untuk membersihkan registry adalah tiga langkah mudah, dimulai dari klik menu tool dan sorot Registry Cleanup kemudian tekan Do Them All. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

Otomatis program akan mendata seluruh registry dan mencari registry yang sudah tidak ada kaitannya dengan berkas kita sehingga aman untuk dihapus. Prosesnya dapat dilihat seperti gambar berikut.

Setelah selesai men-scan registry, program akan menampilkan daftar registry yang aman untuk dihapus. Jumlahnya bervariasi tergantung banyak tidaknya proses penambahan dan penghapusan berkas atau program/perangkat lunak. Pilihlah semua registry yang didaftarkan oleh program dengan memilih menu select kemudian tekan All. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

Setelah terpilih semuanya (masukan yang ada terblok warna biru), tekan tombol Remove Selected yang ada di pojok kanan bawah. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah selesai prosesnya, tekan tombol exit di pojok kanan bawah untuk keluar dari program Regcleaner. Kini registry kita sudah bebas dari sampah hasil penumpukan selama sekian waktu dan rasakan perbedaan performa komputer sebelum dan sesudah pembersihan. Lakukan proses ini sedikitnya sebulan sekali agar sistem kita terjaga dari sampah-sampah registry yang tidak berguna.


Share this article :
 

+ komentar + 4 komentar

Wahyu Aji Prakoso
April 26, 2010 at 5:39 PM

k koq pnya saya pas abiz yg bagian ke3 langsung redcleaner kluar lagi,, itu gmana k..??
Mohon saranya




kirim ke e-mail saya kk: aji_Prakoso31@yahoo.co.id

April 26, 2010 at 10:09 PM

bagian ketiga gimana mas, mohon lebih spesifik. memang ada beberapa komputer yang tidak bisa diinstal regcleaner, dan biasanya komp yang sudah terinfeksi virus.

Anonymous
June 18, 2012 at 5:18 PM

ko saya ada tulisan eror yah pas removed selected ??
mohon pencerahannya pak :(

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi File Gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger